Sabtu, 27 Februari 2016

Makalah konsep dasar IPA

BAB I
PENDAHULUAN
A.    LATAR BELAKANG
Hal yang kita perlukan untuk dapat hidup salah satunya adalah tempat tinggal. Setiap makhluk hidup memerlukan tempat untuk hidup baik di darat maupun di air.  Manusia, hewan dan tumbuhan juga memiliki tempat tinggal masing- masing. Makhluk Hidup juga ada yang bersifat menguntungkan dan ada pula yang merugikan.Semua itu akan di bahas dan di jelaskan di dalam makalah ini.
B.     RUMUSAN MASALAH
1.    Bagaimana tempat hidup makhluk hidup (air,tanah,dan tempat lainnya)?
2.    Apa – apa saja makhluk hidup yang menguntungkan?
3.    Apa- apa saja makhluk hidup yang merugikan ?
4.    Bagaimana identifikasi dari makhluk hidup yang menguntungkan dan merugikan?
5.    Bagaimana metode pembelajaran yang diberikan dalam mengajarkan materi Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan ?
6.    Apa saja media pembelajarannya?
7.    Bagaimana langkah- langkah mengajar materi  Makhluk Hidup dan Proses Kehidupannya?

C.    TUJUAN PENULISAN
1.    Mengidentifikasi berbagai tempat hidup makhluk hidup (air,tanah dan tempat lainnya)
2.    Menjelaskan apa- apa saja Makhluk Hidup yang menguntungkan.
3.    Menjelaskan apa- apa saja Makhluk Hidup  yang merugikan.
4.    Mengidentifikasi Makhluk Hidup yang menguntungkan dan merugikan.
5.    Menjelaskan metode pembelajaran yang diberikan dalam mengajarkan materi Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan.
6.    Menjelaskan media pembelajaran yang digunakan pada saat menyampaikan materi.
7.    Menjelaskan langkah- langkah mengajar yang digunakan guru pada saat menyampaikan materi.


BAB II
PEMBAHASAN
A.Standar Kompetensi
1.      Mengenal tempat hidup makhluk hidup serta mengenal makhluk hidup yang menguntungkan dan merugikan
B.Kompetensi Dasar      
1.      Mengidentifikasi berbagai tempat makhluk hidup (air,tanah dan tempat lainnya)
2.      Mengidentifikasi makhluk hidup yang menguntungkan,merugikan dan membahayakan.
C. Materi
1. Tempat Hidup Makhluk Hidup
Rumah dibangun untuk berteduh dan berguna untuk beristirahat.
Rumah juga  digunakan sebagai tempat tinggal.
Tempat hidup makhluk hidup berbeda beda.Ada yang hidup di darat dan di air.Hewan dan tumbuhan juga makhluk hidup.Hewan dan tumbuhan hidup di darat.Ada pula yang hidup di air
a.tempat hidup hewan
makhluk hidup memiliki tempat hidup.hewan memiliki tempat hidup,ada hewan hidup di darat,ada hewan hidup di air.
1) hewan yang hidup di darat

hewan yang hidup di darat
disebut juga hewan darat
misalnya: singa, gajah, kelinci,
ayam, kambing, itik, sapi.     
                                              


https://encrypted-tbn2.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQLKOSVrIzjEVvka3ahchC91VhoV59pX3-XZ72TBT8xIpr5tOkA2) hewan yang hidup di air
Hewan yang hidup di air
disebut juga hewan air.
a ikan
Ikan hidup di air.
Ikan berenang kian kemari.
http://www.superindo.co.id/upload/images/kerang.jpg                              

b kerang
Kerang hidup di air.
Kerang biasa ditemukan
di laut dan sungai.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh46F4Jpw85ARGIgGSdq1AQS7py4p_I6b6f7EIGzqlAxV_sv7WibjmiHCbhO9pZVmoTLz3BmwrQsiqblBr8wk7XLmr6ZCG7it7YxDR3ffRU5iovQyDD38XTj14H7wobOiykFylIRBVJeKEI/s1600/Creature-Caribbean-Reef-Squid-02.jpg
 


c cumi cumi
Cumi cumi hidup di air laut
Cumi cumi tidak dapat
hidup di air tawar
Selain ikan kerang dan cumi cumi
masih banyak hewan yang hidup di air
3) hewan yang hidup di darat dan di air
Ada juga hewan yang bisa hidup di dua alam,yaitu di darat dan di air.
Contoh hewan yang dapat hidup di dua tempat yaitu:
penyu,buaya dan katak:



                                                         

\
b.tempat hidup tumbuhan
Tumbuhan memiliki tempat hidup.Ada tumbuhan hidup di darat.Ada tumbuhan hidup di air.
1)tumbuhan yang hidup di darat
Tumbuhan yang hidup di darat
Disebut juga tumbuhan darat
Berikut tumbuhan yang hidup di darat
a bunga mawar
Bunga mawar hidup di darat
Bunga mawar tidak akan hidup di air
Tetapi bunga mawar harus disiram
agar tetap tumbuh subur
b pohon pepaya                    
Pohon pepaya hidup di darat
Buahnya baik bagi kesehatan tubuh
Daunnya pun baik untuk kesehatan
c pohon pisang               
Pohon pisang hidup di darat
pohon pisang akan mati
Jika ditanam di air

http://www.bibitikan.net/wp-content/uploads/2013/11/manfaat-eceng-gondok-untuk-budidaya-ikan.jpg2) tumbuhan hidup di air
Tumbuhan yang hidup di air
Disebut juga tumbuhan air
Berikut tumbuhan yang hidup di air
a eceng gondok
Eceng gondok hidup di air
Banyak tumbuh di rawa
b teratai               
Teratai hidup di air
Akarnya di dalam air
Daunnya terapung di permukaan air
Pada umumnya teratai terdapat di kolam


c rumput laut
Rumput laut termasuk tumbuhan
Rumput laut hidupnya di air laut
Rumput laut akan mati
jika dipindahkan ke darat

3 )tumbuhan yang hidup pada tumbuhan lain
Ada tumbuhan hidup pada tumbuhan lain
pernahkah kamu melihat tumbuhan
yang hidup pada tumbuhan lain?
berikut tumbuhan hidup pada tumbuhan lain:
a benalu
Benalu hidupnya menempel
Pada tumbuhan lain
Benalu hidupnya tergantung
Pada tumbuhan yang ditempati
Pohon mangga jambu dan
Belimbing sering ditumbuhi benalu
b tali putri
Tali putri tumbuh pada
tanaman lain
Tumbuh dengan cara melilit
Tali putri biasanya menempel
Menempel pada tanaman pagar







c.hewan dan tumbuhan yang menguntungkan dan merugikan

1) hewan yang menguntungkan manusia
hewan yang menguntungkan bagi manusia
a sapi
Sapi termasuk binatang ternak.Banyak orang yang beternak sapi.Sapi binatang yang menguntungkan bagi manusia.Tenaganya bermanfaat untuk menarik gerobak.Daging sapi dimanfaatkan untuk dimakan.Kulitnya bermanfaat untuk sepatu dan tas.Kotorannya bermanfaat untuk pupuk tanaman..Susu sapi dapat diminum.Supaya tubuh kita tetap sehat.





b kambing
Kambing termasuk binatang ternak.Banyak orang yang beternak kambing.Kambing sangat menguntungkan manusia.Daging kambing bermanfaat untuk dimakan.Kulitnya dapat dibuat menjadi ketipung.Kotoran kambing bermanfaat untuk pupuk tanaman.Susu kambing sangat bergizi.
c ayam
Ayam termasuk binatang yang dipelihara.Ayam termasuk binatang yang menguntungkan.
Daging dan telur bermanfaat untuk dimakan.Kotoran ayam bermanfaat untuk pupuk tanaman.
                                                       
2) hewan yang merugikan manusia
Selain ada hewan yang menguntungkan.Ada juga hewan yang merugikan manusia.Di sekitar kita terdapat hewan yang merugikan.Hewan yang merugikan adalah sebagai berikut

a. ulat
Ulat merugikan manusia.Ulat makan dedaunan.Daun yang dimakan ulat menjadi rusak.Sehingga tanaman tidak subur lagi,ulat harus diberantas.



b tikus
Tikus termasuk binatang yang merugikan.Tikus sering mengganggu kita.Tikus merusak tanaman petani
Karena merusak tanaman padi.Tikus juga merusak pakaian dan lemari.Tikus juga mencuri lauk.Tikus juga dapat menimbulkan penyakit.

c. belalang
Belalang juga termasuk binatang.Belalang makan dedaunan.Belalang merusak tanaman.Tanaman akan mati.
                                                      

                                                                                                                    




3 )hewan yang membahayakan manusia

a nyamuk
Nyamuk binatang yang membahayakan manusia.Nyamuk sering mengganggu kita.Nyamuk mengisap darah manusia.Nyamuk juga menularkan penyakit.Penyakit malaria dan demam berdarah.Karena itu nyamuk harus diberantas.Agar tidak menjadi sarang nyamuk.Lingkungan kita harus bersih.

b ular
Ular berbahaya bagi manusia.Ular memiliki bisa.Bisa ular sangat berbahaya.Bisa dikeluarkan saat menggigit.Bila digigit ular berbisa.Manusia bisa mati
 







3 tumbuhan yang berguna bagi manusia
Tumbuhan berguna bagi kita.Karena tumbuhan sebagai sumber makanan kita.Berikut tanaman yang berguna bagi manusia.

a tanaman padi
Tanaman padi dapat menghasilkan beras.Beras selalu kita perlukan.Karena beras merupakan makanan pokok.Daun padi yang menguning disebut jerami.Banyak orang memerlukannya.Jerami bermanfaat bagi hewan.Jerami dimanfaatkan.Untuk makanan.Ternak sapi dan kerbau.Jerami juga bermanfaat untuk pupuk.

b jagung
Tanaman jagung berguna bagi manusia.Jagung dapat diolah.Menjadi makanan.Buah jagung dapat direbus.Dan dibakar.Batang dan daun jagung bermanfaat.Daun jagung untuk makanan
ternak

c mangga
Pohon mangga termasuk.Tanaman menguntungkan.Pohon mangga berguna.Bagi manusia
Karena buahnya dapat.Kita makan.Buah mangga mengandung Vitamin.Pohonnya berguna untuk.Kayu bakar.Daunnya berguna untuk pupuk kompos.
 





                                                                                                
d tanaman obat
Tanaman obat contohnya jahe.Kunyit kencur kumis kucing dan daun dewa.Tanaman obat berguna.Untuk menjaga kesehatan.
 





                                         
D.Metode Pembelajaran
Metode yang digunakan dalam pembelajaran ini adalah :
1.      Metode membaca
2.      Metode tanya jawab
3.      Metode bernyanyi
4.      Metode kuis
E.Media Pembelajaran
1.Media gambar yang terdapat di dalam makalah.
2. Papan tulis sebagai tempat mengidentifikasi makhluk hidup dan tempat tinggalnya yang dibuat sendiri oleh guru berupa tabel yang ditulis dipapan tulis.
3.Steroform sebagai tempat mengidentifikasi hewan yang menguntungkan dan merugikan..
4.Kertas HVS yang digunakan sebagai tempat soal yang akan dijawab oleh siswa. Diketik sendiri oleh guru.
F.Langkah-langkah Mengajar
1.      Guru mengucapkan salam dan memulai pelajaran dengan doa.
2.      Guru menyapa siswa.
3.      Guru mengabsen siswa.
4.      Guru memberikan intuisi (rangsangan) kepada siswa.
5.      Guru menyuruh siswa untuk membaca materi.
6.      Guru menjelaskan setiap sub materi yang sudah dibacakan siswa.
7.      Guru memberikan kuis kepada siswa untuk mengisi tabel yang ada di papan tulis.
8.      Guru mengajak siswa untuk menyanyi kan lagu burung kutilang.
9.      Guru memberikan games kepada siswa yaitu games untuk memasangkan hewan dan kerugiannya.
10.  Guru mengadakan refleksi materi kembali kepada siswa.
11.  Guru memberikan soal latihan.
12.  Guru mengajak siswa menari dan menyanyikan lagu banyak nyamuk di rumahku.
13.  Guru mengakhiri pembelajaran.
14.  Guru mengucapkan salam dan mengajak  berdoa sebelum pulang.
Lampiran
1.      Kuis yang dipapan tulis
NO
Nama Hewan
Tempat Hidup
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10


                                                                                                                      
2.      Lagu Burung Kutilang
Di pucuk pohon cempaka
burung kutilang berbunyi
bersiul, siul sepanjang hari
dengan tak jemu jemu
mengangguk angguk sambil berseru
trilili lili lilili
Sambil berlompat lompatan
paruhnya slalu terbuka
digeleng gelengkan kepalanya
mnentang langit biru
tandanya ia suka berseru
trilili lili lilili



3.      Lagu Banyak Nyamuk
Banyak nyamuk di rumahku
Gara-gara aku
Malas bersih-bersih
Banyak semut di rumahku
Gara-gara aku
Malas bersih-bersih
Di kamarku
Banyak nyamuk
Di kamarku
Banyak semut
Aduh mama aku jadi takut
Banyak tikus di rumahku
Gara-gara kamu malas bersih-bersih
Banyak lalat di rumahku
Gara-gara kamu malas bersih-bersih
Nyamuk-nyamuk nakal
Semut-semut nakal
Sukanya menggoda aku
Tikus-tikus nakal
Lalat-lalat nakal
Sukanya membikin kotor











BAB III
PENUTUP
A.KESIMPULAN
Tempat makhluk hidup, Rumah dibangun untuk berteduh dan berguna untuk beristirahat. Rumah juga  digunakan sebagai tempat tinggal. Hewan dan tumbuhan hidup di darat, misalnya singa, gajah, kelinci, ayam, kambing, itik, sapi..Ada pula yang hidup di air, misalnya ikan, kerang dan cumi. Ada juga hewan yang bisa hidup di dua alam,yaitu di darat dan di air. Contoh hewan yang dapat hidup di dua tempat yaitu: penyu,buaya dan katak.
Tumbuhan memiliki tempat hidup.Ada tumbuhan hidup di darat.Ada tumbuhan hidup di air. hewan yang menguntungkan bagi manusia adalah sapi, ayam, dan kambing. Hewan yang merugikan adalah : tikus, ulat, dan belalang.

B.SARAN
Proses pembelajaran di kelas rendah khususnya IPA berbeda dengan proses pembelajaran di kelas tinggi. Peserta didik yang masih duduk di kelas rendah umumnya menyukai hal-hal yang berbau permainan dan pelajaran yang didalamnya terdapat gambar-gambar karena pemikiran anak kelas rendah masih konkrit. Hal ini menyebabkan guru harus kreatif dalam memberikan materi pelajaran kepada peserta didik kelas rendah. Pembelajaran di kelas rendah harus menarik,tidak membosankan, dan akan mudah di ingat oleh peserta didik. Jadi diharapkan kepada kita yang nantinya akan menjadi guru SD harus kreatif dalam memberikan pengajaran kepada anak didik baik kreatif dalam penyampaian materi maupun dalam pembuatan media.





DAFTAR PUSTAKA
Diktat IPA Kelas Rendah
Ilmu_Pengetahuan_Alam_Kelas_2_Wiwik_Winarti_Joko_Winarto_Widha_Sunarno_2009.
pdf.AdobeReader
Gambar dari Google




Tidak ada komentar:

Posting Komentar