BAB
I
PENDAHULUAN
A.
LATAR
BELAKANG
Hal
yang kita perlukan untuk dapat hidup salah satunya adalah tempat tinggal. Setiap
makhluk hidup memerlukan tempat untuk hidup baik di darat maupun di air. Manusia, hewan dan tumbuhan juga memiliki
tempat tinggal masing- masing. Makhluk Hidup juga ada yang bersifat menguntungkan
dan ada pula yang merugikan.Semua itu akan di bahas dan di jelaskan di dalam
makalah ini.
B. RUMUSAN MASALAH
1. Bagaimana
tempat hidup makhluk hidup (air,tanah,dan tempat lainnya)?
2. Apa
– apa saja makhluk hidup yang menguntungkan?
3. Apa-
apa saja makhluk hidup yang merugikan ?
4. Bagaimana
identifikasi dari makhluk hidup yang menguntungkan dan merugikan?
5. Bagaimana
metode pembelajaran yang diberikan dalam mengajarkan materi Makhluk Hidup dan
Proses Kehidupan ?
6. Apa
saja media pembelajarannya?
7. Bagaimana
langkah- langkah mengajar materi Makhluk
Hidup dan Proses Kehidupannya?
C. TUJUAN PENULISAN
1. Mengidentifikasi
berbagai tempat hidup makhluk hidup (air,tanah dan tempat lainnya)
2. Menjelaskan
apa- apa saja Makhluk Hidup yang menguntungkan.
3. Menjelaskan
apa- apa saja Makhluk Hidup yang
merugikan.
4. Mengidentifikasi
Makhluk Hidup yang menguntungkan dan merugikan.
5. Menjelaskan
metode pembelajaran yang diberikan dalam mengajarkan materi Makhluk Hidup dan
Proses Kehidupan.
6. Menjelaskan
media pembelajaran yang digunakan pada saat menyampaikan materi.
7. Menjelaskan
langkah- langkah mengajar yang digunakan guru pada saat menyampaikan materi.
BAB
II
PEMBAHASAN
A.Standar
Kompetensi
1.
Mengenal tempat hidup makhluk hidup
serta mengenal makhluk hidup yang menguntungkan dan merugikan
B.Kompetensi Dasar
1.
Mengidentifikasi berbagai tempat makhluk
hidup (air,tanah dan tempat lainnya)
2.
Mengidentifikasi makhluk hidup yang menguntungkan,merugikan
dan membahayakan.
C.
Materi
1.
Tempat Hidup Makhluk Hidup
Rumah
dibangun untuk berteduh dan berguna untuk beristirahat.
Rumah juga digunakan sebagai tempat tinggal. Tempat hidup makhluk hidup berbeda beda.Ada yang hidup di darat dan di air.Hewan dan tumbuhan juga makhluk hidup.Hewan dan tumbuhan hidup di darat.Ada pula yang hidup di air
Rumah juga digunakan sebagai tempat tinggal. Tempat hidup makhluk hidup berbeda beda.Ada yang hidup di darat dan di air.Hewan dan tumbuhan juga makhluk hidup.Hewan dan tumbuhan hidup di darat.Ada pula yang hidup di air
a.tempat hidup hewan

1) hewan yang hidup di darat
hewan yang hidup di darat
disebut juga hewan darat
misalnya: singa, gajah, kelinci,
ayam, kambing, itik, sapi.

Hewan yang hidup di air
disebut juga hewan air.
a ikan
Ikan hidup di air.
Ikan berenang kian kemari.

b kerang
Kerang
hidup di air.
Kerang
biasa ditemukan
di laut
dan sungai.
![]() |
c cumi cumi
Cumi
cumi hidup di air laut
Cumi
cumi tidak dapat
hidup di
air tawar
Selain
ikan kerang dan cumi cumi
masih banyak hewan yang hidup di air
3) hewan yang hidup di darat dan di air



Contoh hewan yang dapat hidup di dua tempat yaitu:
penyu,buaya dan katak:
\
b.tempat
hidup tumbuhan
Tumbuhan
memiliki tempat hidup.Ada tumbuhan hidup di darat.Ada tumbuhan hidup di air.

Tumbuhan
yang hidup di darat
Disebut
juga tumbuhan darat
Berikut
tumbuhan yang hidup di darat
a bunga mawar
Bunga
mawar hidup di darat

Tetapi
bunga mawar harus disiram
agar
tetap tumbuh subur
b pohon pepaya
Pohon
pepaya hidup di darat
Buahnya
baik bagi kesehatan tubuh

c
pohon pisang
Pohon
pisang hidup di darat
pohon
pisang akan mati
Jika
ditanam di air

Tumbuhan yang hidup di air
Disebut juga tumbuhan air
Berikut tumbuhan yang hidup di air
a eceng gondok
Eceng gondok hidup di air
Banyak tumbuh di rawa

Teratai hidup di air
Akarnya di dalam air
Daunnya terapung di permukaan air
Pada umumnya teratai terdapat di kolam
c rumput laut

Rumput laut hidupnya di air laut
Rumput laut akan mati
jika dipindahkan ke darat
3 )tumbuhan
yang hidup pada tumbuhan lain
Ada
tumbuhan hidup pada tumbuhan lain
pernahkah
kamu melihat tumbuhan

berikut
tumbuhan hidup pada tumbuhan lain:
a benalu
Benalu
hidupnya menempel
Pada
tumbuhan lain
Benalu
hidupnya tergantung
Pada
tumbuhan yang ditempati
Pohon
mangga jambu dan
Belimbing
sering ditumbuhi benalu

Tali
putri tumbuh pada
tanaman
lain
Tumbuh
dengan cara melilit
Tali
putri biasanya menempel
Menempel
pada tanaman pagar
c.hewan
dan tumbuhan yang menguntungkan dan merugikan
1)
hewan yang menguntungkan manusia
hewan
yang menguntungkan bagi manusia
a sapi



b kambing
Kambing termasuk binatang ternak.Banyak orang yang beternak kambing.Kambing
sangat menguntungkan manusia.Daging kambing bermanfaat untuk dimakan.Kulitnya
dapat dibuat menjadi ketipung.Kotoran kambing bermanfaat untuk pupuk tanaman.Susu
kambing sangat bergizi.
c ayam
Ayam
termasuk binatang yang dipelihara.Ayam termasuk binatang yang menguntungkan.
Daging
dan telur bermanfaat untuk dimakan.Kotoran ayam bermanfaat untuk pupuk tanaman.
2) hewan
yang merugikan manusia
Selain ada hewan yang menguntungkan.Ada juga hewan yang merugikan
manusia.Di sekitar kita terdapat hewan yang merugikan.Hewan yang merugikan
adalah sebagai berikut
a. ulat
Ulat
merugikan manusia.Ulat makan dedaunan.Daun yang dimakan ulat menjadi rusak.Sehingga
tanaman tidak subur lagi,ulat harus diberantas.
b tikus
Tikus
termasuk binatang yang merugikan.Tikus sering mengganggu kita.Tikus merusak tanaman
petani
Karena
merusak tanaman padi.Tikus juga merusak pakaian dan lemari.Tikus juga mencuri
lauk.Tikus juga dapat menimbulkan penyakit.
c.
belalang
Belalang
juga termasuk binatang.Belalang makan dedaunan.Belalang merusak tanaman.Tanaman
akan mati.



3 )hewan
yang membahayakan manusia
a nyamuk
Nyamuk
binatang yang membahayakan manusia.Nyamuk sering mengganggu kita.Nyamuk
mengisap darah manusia.Nyamuk juga menularkan penyakit.Penyakit malaria dan
demam berdarah.Karena itu nyamuk harus diberantas.Agar tidak menjadi sarang
nyamuk.Lingkungan kita harus bersih.
b ular
Ular
berbahaya bagi manusia.Ular memiliki bisa.Bisa ular sangat berbahaya.Bisa
dikeluarkan saat menggigit.Bila digigit ular berbisa.Manusia bisa mati
![]() |
|||
![]() |
|||
3
tumbuhan yang berguna bagi manusia
Tumbuhan
berguna bagi kita.Karena tumbuhan sebagai sumber makanan kita.Berikut tanaman
yang berguna bagi manusia.
a tanaman padi
Tanaman
padi dapat menghasilkan beras.Beras selalu kita perlukan.Karena beras merupakan
makanan pokok.Daun padi yang menguning disebut jerami.Banyak orang
memerlukannya.Jerami bermanfaat bagi hewan.Jerami dimanfaatkan.Untuk makanan.Ternak
sapi dan kerbau.Jerami juga bermanfaat untuk pupuk.
b jagung
Tanaman
jagung berguna bagi manusia.Jagung dapat diolah.Menjadi makanan.Buah jagung
dapat direbus.Dan dibakar.Batang dan daun jagung bermanfaat.Daun jagung untuk
makanan
ternak
c mangga
Pohon
mangga termasuk.Tanaman menguntungkan.Pohon mangga berguna.Bagi manusia

![]() |
![]() |
||
d tanaman obat
Tanaman
obat contohnya jahe.Kunyit kencur kumis kucing dan daun dewa.Tanaman obat
berguna.Untuk menjaga kesehatan.

D.Metode Pembelajaran
Metode yang digunakan dalam pembelajaran ini adalah :
1.
Metode
membaca
2.
Metode
tanya jawab
3.
Metode
bernyanyi
4.
Metode
kuis
E.Media Pembelajaran
1.Media gambar yang terdapat di dalam
makalah.
2. Papan tulis sebagai tempat mengidentifikasi makhluk hidup dan tempat tinggalnya yang dibuat sendiri oleh guru berupa tabel yang ditulis dipapan tulis.
2. Papan tulis sebagai tempat mengidentifikasi makhluk hidup dan tempat tinggalnya yang dibuat sendiri oleh guru berupa tabel yang ditulis dipapan tulis.
3.Steroform sebagai tempat
mengidentifikasi hewan yang menguntungkan dan merugikan..
4.Kertas HVS yang digunakan sebagai
tempat soal yang akan dijawab oleh siswa. Diketik sendiri oleh guru.
F.Langkah-langkah Mengajar
1.
Guru
mengucapkan salam dan memulai pelajaran dengan doa.
2.
Guru
menyapa siswa.
3.
Guru
mengabsen siswa.
4. Guru memberikan intuisi (rangsangan)
kepada siswa.
5. Guru menyuruh siswa untuk membaca materi.
6. Guru menjelaskan setiap sub materi yang sudah
dibacakan siswa.
7. Guru memberikan kuis kepada siswa untuk
mengisi tabel yang ada di papan tulis.
8. Guru mengajak siswa untuk menyanyi kan
lagu burung kutilang.
9. Guru memberikan games kepada siswa yaitu
games untuk memasangkan hewan dan kerugiannya.
10. Guru mengadakan refleksi materi kembali
kepada siswa.
11. Guru memberikan soal latihan.
12. Guru mengajak siswa menari dan
menyanyikan lagu banyak nyamuk di rumahku.
13. Guru mengakhiri pembelajaran.
14. Guru mengucapkan salam dan mengajak berdoa sebelum pulang.
Lampiran
1. Kuis yang dipapan tulis
NO
|
Nama
Hewan
|
Tempat
Hidup
|
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
|
|
|
2. Lagu Burung Kutilang
Di pucuk pohon cempaka
burung kutilang berbunyi
bersiul, siul sepanjang hari
dengan tak jemu jemu
mengangguk angguk sambil berseru
trilili lili lilili
Sambil berlompat lompatan
Sambil berlompat lompatan
paruhnya slalu terbuka
digeleng gelengkan kepalanya
mnentang langit biru
tandanya ia suka berseru
trilili lili lilili
3.
Lagu
Banyak Nyamuk
Banyak nyamuk di rumahkuGara-gara aku
Malas bersih-bersih
Banyak semut di rumahku
Gara-gara aku
Malas bersih-bersih
Di kamarku
Banyak nyamuk
Di kamarku
Banyak semut
Aduh mama aku jadi takut
Banyak tikus di rumahku
Gara-gara kamu malas bersih-bersih
Banyak lalat di rumahku
Gara-gara kamu malas bersih-bersih
Nyamuk-nyamuk nakal
Semut-semut nakal
Sukanya menggoda aku
Tikus-tikus nakal
Lalat-lalat nakal
Sukanya membikin kotor
BAB
III
PENUTUP
A.KESIMPULAN
Tempat makhluk hidup, Rumah dibangun untuk
berteduh dan berguna untuk beristirahat. Rumah juga digunakan sebagai tempat tinggal. Hewan dan tumbuhan hidup di darat, misalnya singa, gajah, kelinci, ayam, kambing, itik, sapi..Ada pula yang hidup di air, misalnya ikan,
kerang dan cumi. Ada juga hewan yang bisa hidup di dua alam,yaitu di darat dan
di air. Contoh hewan yang dapat hidup di dua tempat yaitu: penyu,buaya dan
katak.
Tumbuhan memiliki tempat hidup.Ada tumbuhan hidup di darat.Ada
tumbuhan hidup di air. hewan
yang menguntungkan bagi manusia adalah sapi, ayam, dan kambing. Hewan yang
merugikan adalah : tikus, ulat, dan belalang.
B.SARAN
Proses pembelajaran di kelas rendah khususnya IPA
berbeda dengan proses pembelajaran di kelas tinggi. Peserta didik yang masih
duduk di kelas rendah umumnya menyukai hal-hal yang berbau permainan dan
pelajaran yang didalamnya terdapat gambar-gambar karena pemikiran anak kelas
rendah masih konkrit. Hal ini menyebabkan guru harus kreatif dalam memberikan
materi pelajaran kepada peserta didik kelas rendah. Pembelajaran di kelas
rendah harus menarik,tidak membosankan, dan akan mudah di ingat oleh peserta
didik. Jadi diharapkan kepada kita yang nantinya akan menjadi guru SD harus
kreatif dalam memberikan pengajaran kepada anak didik baik kreatif dalam penyampaian
materi maupun dalam pembuatan media.
DAFTAR
PUSTAKA
Diktat IPA Kelas RendahIlmu_Pengetahuan_Alam_Kelas_2_Wiwik_Winarti_Joko_Winarto_Widha_Sunarno_2009.
pdf.AdobeReader
Gambar dari Google
Tidak ada komentar:
Posting Komentar